Mengenal Game Engine Unity3D (Game Development)


Hay teman-teman blogger, kali ini saya mau review Unity 3D. Unity 3D pertama kali dirilis pada saat acara Apple’s Worldwide Developers Conference di tahun 2005. Pada versi awal Unity hanya dapat digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk apple. Namun sekarang Unity 3D berubah menjadi software multi platform yang juga dapat dijalankan pada Windows OS dan Linux OS. Pada dasarnya Unity 3D ini merupakan salah satu jenis game engine dan game development berbasis 3D. Akan tetapi Unity juga bisa dalam membentuk game 2D. Dengan metode asset workflow dan script yang simple dapat memudahkan user dalam mengembangkan game secara mandiri dan membuahkan hasil yang setara dengan perusahan Game Developer. Saatnya mengenal lebih dalam Unity 3D

A 3D Game Engine
Unity adalah Engine (Sebutan Untuk software pengembang game) yang dapat di gunakan untuk membuat game di ruang 3 Dimensi. Unity menggunakan Metode Assets Workflow yaitu Dia menggunakan Asset-Asset dalam merangkai sebuah game.

Modern Navigation System
Unity menggunakan sistem navigasi bebas dalam pembuatan game, sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk melihat setiap sisi 3D dalam pembuatan objek. Sama halnya seperti menggunakan Blender 3D.

Simple Scripting
Dalam pembuatan project dengan Unity pengguna dapat menggunakan (menginclude) script-script, seperti : JavaScript, C#, dan Boo Script.

Multi Console
Unity dapat membuat game-game yang dapat dijalankan pada console berikut :
Windows, Mac, Unity Web Player, iOS, Android, Nintendo Wii, PlayStation 3, Xbox 360

Support Operating System
Unity yang awalnya hanya dapat dijalankan hanya di Mac OS, sekarang berubah menjadi software multi platform yang dapat di install dan digunakan di Mac OS, Windows OS dan Linux OS.

Make Game in Your Style
Unity memberi kebebasan Developer untuk berkarya. Tak hanya di batasi dalam 1 Genre saja. Tetapi berbagai Genre yang Developer suka.

Harapan kedepannya dengan adanya Unity 3D akan menimbulkan banyak developer-developer game mandiri yang berkualitas, sehingga dapat menciptakan karya-karya yang dapat dinikmati publik. Sekian dari review Unity 3D dari saya, Terima Kasih.

1 comments: