Materi KKPI X mid



Ø  Fungsi string adalahfungsi yang dapat menempatkan dan mengelolah data berjenis teks pada lembar kerja MS. Excel. Fungsi string digunakan untuk mengambil, mengubah karakter tertentu pada Data teks.
Ø  Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil karakter dari kiri/awal/depan dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil.
Ø  Bentuk Umum fungsi LEFT =LEFT(data teks, jumlah karakter)
Ø  Fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil karakter dari kanan/belakang/akhir dari data teks sebanyak jumlah karakter yang diambil.
Ø  . Fungsi MID digunakan mengambil dari kiri ke tengah berdasarkan karakter awal sebanyak jumlah karakter yang diambil
Ø  Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, antara lain sebagai berikut.
·         Melalui double klik shortcut Microsoft Excel di desktop.
o   Melalui menu Start.
o   Melalui file yang terdapat di Microsoft Excel
o   Melalui perintah run
Ø  kelebihan yang dimiliki oleh Ms.Excel :

·         Excel 2007 mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
·         Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. Saya sudah buat artikel konversi data besar ke Excel.
·         Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel. Artikel saya tentang penggunaan Vlookup bisa dibaca.\
·         Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini yang saya belum temukan di SPSS, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
·         Kapasitas file yang terinstal tidak membutuhkan space terlalu besar.
·         Lebih ringan sehingga penggunaannya lebih mudah untuk spesifikasi komputer yang standar
·         Pada microsoft excel terdapat fitur export atau save as dalam bentuk format dbf.
·         Di Ms Excel Anda dapat memanfaatkan pattern yang beraneka ragam untuk cell dan chart.
·         Pada microsoft Excel pengaturannya toolbar sangat fleksibel.
·         Pada Ms Excel pada saat Anda melakukan seleksi pada sebuah area, kemudian melakukan drag-drop seleksi tersebut ke sebuah chart, maka terdapat fitur penambahan data secara otomatis.
Ø  1.  Langkah pertama buat dulu datanya. misalnya seperti gambar di bawah ini. Pada contoh di bawah ini menggunakan 3 kolom.
2. Setelah data dibuat,  (1) blok atau sorot seluruh data (cara ngeblok : klik dan tahan mouse kemudian gese hingg memenuhi seluruh data), (2) kemudian klik tombol insert, (3) lalu klik pada icon grafik, (4) lalu pilih salah satu style grafik yang tampil di bawahnya. Pada contoh di bawah ini yang digunakan grafik 3D.
3.   Jika semua langkah pada langkah nomor 2 di atas benar, maka grafik akan tampil seketika, seperti gambar di bawah ini.  Grafik akan tampil di sisi kanan tablet data. Biasanya grafik tampil dengan kurang yang tidak terlalu besar. Jika ingin membesarkan gambar grafik, silahkan arahkan mouse pointer pada sudut gambar grafik (seperti yang dilingkari), kemudian tarik ke luar.
Ø  Cara membuat grafik pada microsoft excel 2007 sangat mudah bukan? hanya dalam beberapa klik saja data sudah bisa ditampilkan dalam bentuk grafik.
Ø  Jika anda ingin memformat tampilan mata uang rupiah pada cell di Microsoft Excel, anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

1.             Isi cell dengan angka yang akan diformat rupiah, misalnya 1500
2.             Pastikan kursor ada di cell tadi, lalu pilih menu Format lalu pilih Cell untuk menampilkan windows Format Cell. (Untuk menampilkan jendela Format Cell anda juga dapat menggunakan Ctrl-1)
3.             Pada tab Number, di box Category pilih Custom
4.             Pada text box Type isikan Rp #,##0.00
5.             Klik tombol OK pada window Format Cells
Ø  Langkah-langkah membuat Tabel
·         Jalankan Ms. Excel 2007 
·         Muncul Lembar Kerja Ms. Excel 2007
·         Blok kolom dan baris sesuai permintaan/kebutuhan data kita, seperti gambar contoh tabel dibawah ini
·         kanan pada area yang diblok, pilih format cell (kolom dan baris tetap dalam keadaan blok)
·         Muncul dialog Format Cell
·         Pilih Tab Border
·         klik icon Outline dan Inside  dan Klik OK, lihat gambar di bawah ini..


0 comments