Sejarah Blender 3D berwal dari ciptaannya Ton Roosendaal, Tahun 1988 ia merupakan pendirithe Dutch animation studio NeoGeo. Studio ini berpusat terhadap pembuatan animasi 3D yang bermarkas di Belanda. Pada awal perkembangannya studio ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dan menjadi perusahaan animasi 3D terbesar di Belanda. Di tahun 1995 Ton Roosendal menulis ulang projectnya sehimgga diberi judul Blender, nama yang digunakan sampai saat ini.
Dalam perkembangannya, Blender sempat mengalami kebangkrutan di tahun 2002 dikarenakan investor menutup kontribusinnya dalam pengembangan software ini. Disaat itu juga para komunitas pengguna di bulan mei 2002 tidak menyetujui jika software berbasis 3D tersebut menghilang begitu saja. Dalam mencegah kebangkrutan itu Ton membentuk "Blender Foundation" Yayasan Nirlaba dengan tujuan mempromosikan Blender sebagai proyek Open Source.
Pada Oktober 2002, Blender untuk pertama kalinya dirilis dengan ketentuan GNU (General Public License), sejak saat itu juga bermunculan investor dalam pengembangan Blender 3D sehingga menjadi sofware pembentuk animasi 3D yang handal hingga saat sekarang ini. Adapun mega proyek yang pernah dibuat dengan Blender 3D yaitu : Pembuatan Movie"Elephant Dream", Pembuatan Peach "Big Buck Bunny", Pembuatan Game "YoFrankie!"2008, Film Pendek "Sintel" 2010.
Spesifikasi Komputer yang Dibutuhkan
Hardware | Minimum | Recommended | Production-standard |
---|---|---|---|
Processor | 1 GHz, Single core | 2 GHz, Dual core | 2 GHz, Multi-core (64-bit) |
Memory | 512 MB RAM | 2 GB | 8–16 GB |
Graphics card | OpenGL card with 64 MBVideo RAM | OpenGL card with 256 or 512 MB Video RAM | OpenGL card with 1 GB RAM, ATI FireGL orNvidia Quadro |
Display | 1024×768 pixels, 16-bit color | 1920×1200 pixels, 24-bit color | 1920×1200 pixels, 24-bit color |
Input | Three-button mouse | Three-button mouse | Three-button mouse and a graphics tablet |
Fitur Utama Blender 3D
- Interface yang mudah dimengerti dan tertata rapih.
- Tools untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
- Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
- Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
- Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
- File Berukuran kecil.
- Open Source.
Fungsi Menu 3D View
- Toolbar : Toolbar bersifat dinamis sesuai kontek dari objek atau perintah.
- Perspektif/ortho : Keterangan tampilan perspektif/ortho
- Properties : Panel properties untuk fungsi tertentu dari 3D view/objek
- Camera : Objek kamera untuk sudut pandang
- Cube : Objek mesh (kubus)
- 3D Manipulator : Manipulator 3D untuk geser, putar, dan skala objek
- Lamp : Objek lampu untuk memberi penerangan
- Operator : Untuk menampilkan opsi yang sedang aktif
- Editor Type : Tipe editor window untuk memilih fungi
- 3D Widget : 3D manipulator widget
- Mode : Mode objek untuk memperlakukan objek dalam fungsi khusus
- Viewport Shading : Untuk display objek
- Pivot Point : Digunakan untuk memilih pivot point
- Orientation : Untuk orintasi transformasi objek
- Proportional Editing : Mengolah objek secara proporsional dalam mode edit
- Snap Element : Fungsi snapping dalam transformasi
- Layar : Menempatkan objek dalam lapisan tertentu
- Render Preview : Rendel openGL gambar/animasi
0 comments