Ø Fungsi string
adalahfungsi yang dapat menempatkan dan mengelolah data berjenis teks pada
lembar kerja MS. Excel. Fungsi string digunakan untuk mengambil, mengubah
karakter tertentu pada Data teks.
Ø Fungsi LEFT digunakan
untuk mengambil karakter dari kiri/awal/depan dari data teks sebanyak jumlah
karakter yang diambil.
Ø Bentuk Umum fungsi
LEFT =LEFT(data teks, jumlah karakter)
Ø Fungsi RIGHT digunakan
untuk mengambil karakter dari kanan/belakang/akhir dari data teks sebanyak
jumlah karakter yang diambil.
Ø . Fungsi MID digunakan
mengambil dari kiri ke tengah berdasarkan karakter awal sebanyak jumlah
karakter yang diambil
Ø Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan
program aplikasi Microsoft Excel, antara lain sebagai berikut.
·
Melalui double klik
shortcut Microsoft Excel di desktop.
o
Melalui menu Start.
o
Melalui file yang
terdapat di Microsoft Excel
o
Melalui perintah run
Ø
kelebihan yang
dimiliki oleh Ms.Excel :
·
Excel 2007 mempunyai
kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom
dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan
16 ribu jawaban/pertanyaan.
·
Excel 2007 format
yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada
fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel.
Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik
lainnya. Saya sudah buat artikel konversi data besar ke Excel.
·
Dengan memanfaatkan
fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk
keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel.
Artikel saya tentang penggunaan Vlookup bisa dibaca.\
·
Dengan Pivot Tables,
kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan
bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk
otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini
yang saya belum temukan di SPSS, kecuali kita jago membuat syntax dan saya
yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
·
Kapasitas file yang
terinstal tidak membutuhkan space terlalu besar.
·
Lebih ringan
sehingga penggunaannya lebih mudah untuk spesifikasi komputer yang standar
·
Pada microsoft excel
terdapat fitur export atau save as dalam bentuk format dbf.
·
Di Ms Excel Anda
dapat memanfaatkan pattern yang beraneka ragam untuk cell dan chart.
·
Pada microsoft Excel
pengaturannya toolbar sangat fleksibel.
·
Pada Ms Excel pada
saat Anda melakukan seleksi pada sebuah area, kemudian melakukan drag-drop
seleksi tersebut ke sebuah chart, maka terdapat fitur penambahan data secara
otomatis.
Ø
1. Langkah pertama buat dulu datanya. misalnya seperti
gambar di bawah ini. Pada contoh di bawah ini menggunakan 3 kolom.
2. Setelah data dibuat,
(1) blok
atau sorot seluruh data (cara
ngeblok : klik dan tahan mouse kemudian gese hingg memenuhi seluruh data), (2)
kemudian klik tombol insert,
(3) lalu klik pada icon grafik,
(4) lalu pilih salah satu style
grafik yang
tampil di bawahnya. Pada contoh di bawah ini yang digunakan grafik 3D.
3. Jika semua langkah
pada langkah nomor 2 di atas benar, maka grafik akan tampil seketika, seperti
gambar di bawah ini. Grafik akan tampil di sisi kanan tablet data.
Biasanya grafik tampil dengan kurang yang tidak terlalu besar. Jika ingin
membesarkan gambar grafik, silahkan arahkan mouse pointer pada sudut gambar
grafik (seperti yang dilingkari), kemudian tarik ke luar.
Ø
Cara membuat grafik pada microsoft excel 2007 sangat mudah
bukan? hanya dalam beberapa klik saja data sudah bisa ditampilkan dalam bentuk
grafik.
Ø
Jika anda ingin memformat tampilan mata uang rupiah pada cell di Microsoft
Excel, anda dapat melakukannya dengan cara berikut:
1.
Isi cell dengan angka yang akan diformat rupiah, misalnya 1500
2.
Pastikan kursor ada di cell tadi, lalu pilih menu Format lalu pilih Cell untuk menampilkan windows Format
Cell. (Untuk menampilkan jendela Format
Cell anda juga dapat
menggunakan Ctrl-1)
3.
Pada tab Number,
di box Category pilih Custom
4.
Pada text box Type isikan Rp #,##0.00
5.
Klik tombol OK pada window Format Cells
Ø Langkah-langkah membuat Tabel
·
Jalankan Ms. Excel
2007
·
Muncul Lembar Kerja
Ms. Excel 2007
·
Blok kolom dan baris
sesuai permintaan/kebutuhan data kita, seperti gambar contoh tabel dibawah ini
·
kanan pada area yang
diblok, pilih format cell (kolom dan baris tetap dalam keadaan blok)
·
Muncul dialog Format
Cell
·
Pilih Tab Border
·
klik icon Outline dan Inside dan
Klik OK, lihat gambar di bawah ini..
0 comments